7 Penyebab Rambut Rontok Yang Harus Anda Hindari

Dokter Rambut - Penyebab rambut rontok - Rambut adalah mahkota terindah yang diberikan tuhan kepada manusia. Rambut memang dapat menyempurnakan kecantikan seseorang, bila rambut tersebut sehat dan indah. Tapi apa jadinya bila rambut Anda bermasalah seperti rambut rontok? Pasti akan membuat Anda kurang pede dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Rambut rontok memang wajar terjadi pada semua manusia. Biasanya rambut rontok alami dan normal sehari 40-80 helai perhari, tapi bila sudah melebihi 100 helai perhari Anda wajib waspada. Pastinya Anda bisa mengetahui rambut Anda rontok parah.
penyebab rambu rontok, faktor rambut rontok parah
Penyebab rambut rontok  (c) Pixabay.com/cherylholt
Supaya bisa segera mengatasi rambut rontok dengan dini, Anda wajib mengetahui penyebab rambut rontok berlebihan. Seperti seperti dilansir oleh All Women's Stalk, berikut 7 penyebab rambut rontok parah.

Penyebab Rambut Rontok

1. Keturunan
Keturunan merupakan alasan yang kuat kenapa rambut Anda rontok. Bila ibu, ayah, nenek, atau kakek Anda memiliki masalah rambut rontok, hal ini akan menurun kepada cucu atau anak-anak mereka. Nah, bila hal ini Anda alami yaitu rambut Anda rontok, tentunya agak sulit untuk diatasi. Anda bisa memeriksa diri ke dokter kulit untuk mengetahui masalah rambut rontok ini.

2. Stres
Selain karena keturunan, stres atau banyak memikirkan beban hidup merupakan penyebab rambut rontok. Stres tidak hanya menyebabkan rambut jadi rontok, tapi dapat membuat uban cepat tumbuh.

3. Diet
Selain itu, diet bisa juga membuat rambut Anda rontok. Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang salah melakukan program diet atau diet yang terlalu ekstrem. Jangan melakukan diet yang salah yang membuat tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Ini akan berdampak tak hanya pada berat badan dan kesehatan tubuh  melainkan juga penampilan, seperti rambut dan kulit.

4. Gaya rambut
Penyebab rambut rontok lainnya yang terlalu parah adalah sering mengubah gaya rambut. Bila Anda mengubah gaya rambut, pastikan kesehatan rambut dan foliker tetap terjaga. Karena beberapa gaya rambut bisa menarik rambut hingga akarnya dan membuat rambut lebih rapuh serta rentan patah. Misalkan sering mengikat rambut dengan gaya ekor kuda yang terlalu ketat.

5. Bahan kimia
Hal ini pasti Anda sudah tau. Produk kecantikan rambut seperti shampo, pelembab, pewarna rambut, kondisionel, tonik, dan alat-alat kecantikan rambut disalon bisa saja membuat rambut Anda jadi rontok bila di produk tersebut mengandung bahan kimia. Anda harus jeli dalam memilih produk perawatan rambut. Bahan kimia di banyak produk kecantikan tidak hanya membuat rambut rontok, tetapi dapat membuat rambut kering, rambut bercabang, dan lainnya.

6. Hormon
Selain masalah bahan kimia, ketidakseimbangan hormon ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Untuk itu, terkadang orang hamil yang mengalami ketidakseimbangan hormon bisa mengalami rambut rontok yang cukup parah.

Baca: Cara alami mengatasi rambut rontok sehabis melahirkan.

7. Demam tinggi
Ternyata demam yang terlalu tinggi merupakan penyebab rambut rontok parah. Maka dari itu, jagalah kesehatan Anda jangan sampai terkena demam tinggi. Perbanyak mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bervitamin.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok. Hindari kesemua penyebab rambut rontok di atas bila ingin menghindari rambut jadi rontok dan membuat kepala jadi botak. Lalu bagaimana cara yang aman mengatasi dan mengobati rambu yang terlanjur rontok? Anda tenang saja, kami telah memposting yaitu cara mengatasi rambut rontok secara alami. Semoga bermanfaat!