6 Penyebab Rambut Uban Di Usia Muda

Dokter Rambut - Penyebab rambut putih di usia muda - Rambut yang memutih atau uban menandakan seseorang telah mapan dan memasuki usia tua. Namun, zaman sekarang ini banyak sekali anak-anak muda yang mengalami uban muncul terlalu dini. Rata-rata usia 19-30 tahun sudah banyak tumbuh uban di rambut mereka.

Penyebab tumbuhnya uban di usia muda karena sel-sel pigmen yang menghasilkan melanin mulai mati. Melanin berfungsi untuk memproduksi warna rambut, dan biasanya pada orang yang usia lanjut banyak yang mengalami berhentinya produksi melanin.
penyebab uban di usia remaja dan cara mencegahnya
Ilustrasi (c) pixabay.com/Stevebidmead
Bagi Anda yang masih muda dan sudah beruban, Anda wajib mengetahui penyebab uban di usia muda. Seperti dilansir dari healthmeup.com, berikut penyebab uban cepat tumbuh di usia remaja dan anak muda.

Penyebab Uban Di Usia Muda

1. Penyakit Tiroid
Penyakit tiroid yang membuat hormon tiroid kurang aktif atau bahkan terlalu aktif mampu mempengaruhi produksi melanin di rambut. Sehingga uban pun dapat muncul.

2. Kekurangan Vitamin B12
Kekurangan vitamin B12 tidak hanya mempercepat tumbuh uban di rambut, tetapi dapat memicu masalah kesehatan rambut lainnya, seperti masalah rambut rontok, rambut ketombean, dan rambut berminyak.

3. Vitiligo
Vitiligo merupakan penyakit yang disebabkan ketika sel-sel pigmen yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut rusak. Setelah sel-sel ini rusak, produksi melanin akan berkurang dan rambut mulai berubah menjadi putih.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat
Hal ini sering terjadi pada remaja dan anak muda zaman sekarang. Hindari melakukan gaya hidup tidak sehat, seperti makan makanan olahan, merokok, minum alkohol, stres, salah diet dan jarang makan buah serta sayur. Dengan gaya hidup tidak sehat seperti disebutkan di atas, uban juga akan cepat tumbuh di rambut Anda.

5. Alat Perawatan Dan Produk Kecantikan Rambut
Alat penata rambut hingga produk perawatan rambut seperti shampo dan lainnya bisa juga mempercepat uban tumbuh lebih dini. Teliti dalam memilih produk perawatan rambut, jangan membeli produk yang mengandung bahan kimia keras.

6. Keturunan Atau Gen
Selain faktor medis dan lingkungan ternyata gen atau keturunan adalah penyebab rambut uban di usia dini. Bila ayah atau anggota keluarga Anda dulu pada saat masih muda juga sudah uban, kemungkinan Anda akan mengalami hal yang sama. Dan tidak ada cara untuk mencegahnya, kecuali di perlambat tumbuhnya yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan pola hidup sehat.

Nah, itulah 6 penyebab uban di usia muda. Baca juga artikel terkait dengan uban lainnya, yaitu apakah mencabut uban itu berbahaya, semakin banyak, atau haram?  dan cara menghilangkan rambut uban secara alami. Semoga bermanfaat!