5 Cara Alami Mengatasi Kulit Kepala Gatal

Dokter Rambut - Obat kulit kepala gatal - Apakah Anda sering mengalami kulit kepala gatal? Kulit kepala yang gatal pasti sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas Anda. Apalagi bila Anda sedang berada di tempat yang lagi banyak orang, Anda pasti akan malu karena terus-menerus mengaruk kulit kepala.

Banyak sekali hal penyebab kulit kepala gatal, seperti masalah ketombe, kulit kepala dan rambut kering, produk perawatan rambut Anda tidak cocok, rambut Anda terkena jamur, kuman dan pola makan yang buruk. Cara menghilangkan gatal di kulit kepala sebenarnya sangat mudah, Anda cukup melakukan cara-cara alami.

Seperti dilansir dari merdeka.com, berikut 5 cara alami menghilangkan kulit kepala gatal.

Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal

1. Menggunakan Tea Tree Oil
Minyak dari pohon teh ini ternyata mengandung bahan anti-jamur, anti-inflamsi dan anti bakteri. Kesemua kandungan tersebut sangat banyak terdapat pada tea tree oil, dan karena kandungan tersebutlah tea tree oil dapat mengatasi masalah pada rambut, salah satunya adalah kulit kepala gatal.

Caranya menggunakan minyak dari pohon teh ini bisa Anda coba dengan berbagai cara, seperti dengan menambahkan 10 - 20 tetes tea tree oil ke shampo bayi dan menggunakannya untuk keramas.

Selain itu, bisa juga dengan mencampur beberapa tetes minyak teh ini di dalam satu sendok makan minyak sayur. Lalu campuran minyak ini bisa Anda gunakan untuk memijat kulit kepala.

2. Menggunakan Lemon
Selain minyak dari pohon teh, cara menghilangkan kulit kepala gatal dengan cara alam lainnya adalah dengan menggunakan buah lemon. Kandungan vitamin C dan sifat asam yang ada pada lemon tidak hanya bermanfaat menghilangkan minyak di kulit kepala tetapi juga dapat mengatasi masalah kulit kepala gatal. Caranya cukup dengan mengusap perasan air lemon ke kulit kepala, setelah dibiarkan selama 5 menit baru bilas dengan air bersih.
cara menghilangkan gatal di kulit kepala dengan buah lemon
Manfaat lemon bagi rambut (c) pixabay.com/PublicDomainPictures
Cara lainnya dengan menggunakan lemon adalah dengan jus lemon. Campur jus lemon dengan yogurt, selanjutnya oleskan secara merata pada kulit kepala. Setelah beberapa menit baru bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap hari sampai gatal di kulit kepala dan rambut Anda bisa hilang.

3. Baking Soda
Obat kulit gatal tradisional lainnya adalah baking soda. Baking soda dapat mengatasi kulit kepala gatal, kulit kepala gatal bersisik, kulit kepala gatal berair, kulit kepala gatal dan luka, dan dapat mengatasi masalah ketombe karena jamur.

Caranya buatlah campuran antara air dan baking soda sampai menjadi kental. Lalu gunakan pada kulit kepala secara rata. Supaya hasilnya bagus, tidak salahnya untuk mengusap sedikit minyak zaitun di kulit kepala sebelum menggunakan campuran baking soda tadi. Setelah di diamkan 10-15 menit baru bilas dengan air.

4. Cuka Apel
Cuka apel juga mengandung sifat anti-inflamasi yang tinggi. Bahan ini sangat ampuh membasmi jamur dan bakteri yang menyebabkan rasa gatal di kulit kepala Anda. Selain itu cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit kepala dengan sifat asamnya.

Cara untuk mengobati gatal di kulit kepala, bilas rambut dan kulit kepala dengan air lalu biarkan hingga kering. Campur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1. Tuangkan campuran tadi ke dalam botol semprot lalu aplikasikan pada kulit kepala. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air dan shampo. Anda bisa melakukan cara ini minimal sekali dalam seminggu untuk menghilangkan gatal di kepala Anda.

5. Aloe Vera
Daun lidah buaya ini ternyata dapat mengatasi rambut dan kulit kepala gatal karena bahan pelembab alami yang terdapat padanya. Bahan alami tersebut dapat mengatasi kekeringan dan gatal-gatal di kulit kepala.

Cara menggunakan di rambut cukup oleskan ke kulit kepala daun lidah buaya yang telah di iris tersebut. Kemudian tunggu 10-15 menit baru bilas dengan air dan shampo.

Nah, itulah cara menghilangkan gatal pada kulit kepala. Sepertinya bahan tersebut sangat mudah Anda dapatkan untuk mengatasi gatal di kulit kepala. Selain itu, kutu rambut juga dapat menyebabkan kulit kepala jadi gatal, baca juga artikel Dokter Rambut lainnya cara alami menghilangkan kutu rambut. Semoga bermanfaat!