10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat Dan Alami

Dokter Rambut - Cara menghilangkan kutu rambut - Apakah di kepala Anda ada kutu rambut, atau anak dan keluarga Anda? Jangan panik dulu. Penyebab di rambut dan di kulit kepala seseorang bersarang kutu tidak hanya berarti dia kurang memperhatikan kebersihan. Kutu rambut bisa menghampiri siapa saja, bahkan bagi mereka yang sangat memperhatikan kebersihan pun bisa terserang.

Membahas masalah kutu rambut, kutu rambut adalah sejenis parasit penghisap darah dan biasanya hidup di bagian rambut dan kepala manusia atau binatang seperti yang dilansir dari wikipedia.org. Masalah kutu rambut memang menjengkelkan karena membuat kepala gatal. Selain itu bahaya kutu rambut lainnya dapat membuat kulit meradang akibat digigitannya.
cara menghilangkan kutu rambut
Cara menghilangkan kutu rambut (c) pixabay.com/OpenClips
Ada banyak cara menghilangkan kutu rambut yang sangat membandel di kepala Anda. Obat kutu rambut memang banyak sekali beredar di apotek, tetapi bila Anda ingin menghilangkan kutu rambut dengan cara tradisional atau alami, Anda bisa mencoba dengan bahan-bahan alami. Seperti dilansir dari stylecraze.com, inilah cara menghilangkan kutu rambut lengkap dengan telurnya.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

1. Masker Mayones
Sauh yang sangat enak ini ternyata dapat membasmi kutu rambut. Kandungan bakteri yang memfermentasikan susu dan telur di dalam mayones ampuh menghilangkan kutu sampai ke akarnya.

Cara membunuh kutu di kulit kepala dengan mayones, cukup oleskan lapisan tebal mayones di rambut dan kulit kepala Anda secara menyeluruh. Setelah itu biarkan semalaman dengan ditutupi handuk atau topi, dan pada saat bangun pagi keramaslah dan cuci bersih dengan air. Selanjutnya Anda tinggal membersihkan telur-telur kutu dengan sisir bergigi rapat.

2. Cuka Apel
Cuka apel adalah salah satu jenis cuku yang memiliki keasaman yang sangat tinggi, sehingga bisa menyeimbangkan pH di kulit manusia. pH asam ini juga berfungsi sebagai anti-bakteri yang menangkal sekaligus melawan parasit, termsuk kutu rambut. Nah, Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai obat kutu rambut alami.

Cara menggunakan adalah dengan menggosok cuka apel ke rambut dan kulit kepala Anda secara menyeluruh. Diamkan selama 10-20 menit dan bilas sampai bersih. Selanjutnya ambil handuk kering dan gosokkan rambut ke handuk tersebut untuk menyingkirkan bangkai kutu yang telah mati di rambut dan kulit kepala Anda. Supaya kutu rambut tidak balik lagi, lakukan cara ini setiap hari sampai di handuk Anda tidak lagi menemukan bangkai kutu.

3. Obat Pelurus Rambut
Selain cuka apel, cara menghilangkan kutu rambut lainnya yaitu dengan obat pelurus rambut. Kandungan bahan kimia yang ada pada obat pelurus rambut ternyata ampuh juga membasmi kutu rambut. Caranya oleskan secara menyeluruh ke kepala, tapi jangan sampai terlalu banyak terkena kulit kepala karena dapat menimbulkan iritasi.

Peringatan, bagi Anda yang alergi akan bahan kimia kami tidak menyarankan Anda untuk mencoba cara ini.

4. Campuran Minyak Esensial
Campuran minyak esensial merupakan cara menghilangkan telur kutu dengan cepat. Berikut cara mengolahnya:

-1/4 cangkir minyak mustard
-5 tetes tea tree oil
-5 tetes minyak kayu putih
-5 tetes minyak rosemary
-5 tetes minyak lavender

Selanjutnya, bilas bilas kulit kepala dengan cuka apel. Lalu, campuran tersebut di oleh pada kulit kepala, dan biarkan semalaman, lalu keesokan harinya baru keramas. Supaya kutu rambut dan telur-telurnya cepat musnah, ulangi cara ini selama 5 hari sampai kutu dan telurnya tidak terlihat lagi.

5. Bawang Putih dan Lemon
Cara menghilangkan kutu rambut yang lainnya adalah dengan menggunakan bawang putih dan lemon. Keduanya sama-sama memiliki sifat anti-bakteri dan sifat anti-inflamasi.

Caranya, Anda bisa membuat pasta dari beberapa siung bawang putih segar dan air perasan buah lemon. Kedua bahan ini kemudian Anda terapkan pada rambut dan kulit kepala Anda, biarkan selama 30 menit, dan bilas rambut Anda dengan air bersih atau shampo supaya bau tajam bawang putih hilang.

6. Mouthwash
Apakah Anda sering menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi? Ya, obat yang dapat membunuh kuman dan bakteri di rongga mulut Anda ternyata sangat efektif juga untuk membasmi kutu rambut.

Caranya sangat mudah, seperti Anda menggunakan tonik, cukup tuangkan pada rambut dan kulit kepala. Setelah di tutup dengan shower cap semalaman, baru keesokan harinya Anda bilas dengan air dan membersihkan kutu yang sudah mati di rambut Anda.

7. Air dan Cuka
Cara menghilangkan kutu rambut dengan cara alami tidak hanya dengan cuku apel saja, Anda bisa juga menggunakan cuka putih yang ada di dapur Anda. Ingat, supaya tidak terlalu keras, encerkan cuku tersebut dengan air terlebih dahulu.

Caranya sediakan cuka dan air, perbandingannya 1:1. Setelah air dan cuka di campur baru aplikasikan kerambut Anda. Setelah 15 menit baru bilas dengan ari bersih. Coba lakukan beberapa kali sampai kutu benar-benar hilang.

8. Tea Tree Oil
Tea tree oil selain bagi kecantikan wajah digunakan sebagai penghilang jerawat dan bekas jerawat, sifat anti-bakteri pada minyak pohon teh ini ternyata bagi rambut juga bermanfaat mengatasi masalah kutu rambut.

Caranya juga cukup gampang, yaitu dengan mengoleskan tea tree oil pada rambut dan kulit kepala. Setelah di dimakan selama 30 menit baru di bilas dengan air bersih. Selain itu tea tree oil juga dapat mencegah infeksi kulit kepala akibat kutu rambut.

9. Daun Sirsak
Daun sirsak adalah daun yang bisa menyembuhkan penyakit kanker ini ternyata bisa membunuh kutu rambut dengan sifat anti-bakteri di dalamnya.

Caranya, daun sirsak yang telah di lumatkan di gunakan sebagai masker di rambut Anda. Bungkus rambut Anda dengan handuk, setelah di diamkan selam 30 menit baru di bilas dengan air atau shampo.

10. Minyak zaitun
Minyak yang sering digunakan pada masakan ini juga bermanfaat menghilangkan kutu rambut. Caranya campur setengah cangkir minyak zaitun dengan 20 tetes minyak esensial. Setelah di aplikasikan di rambut dan kulit kepala, biarkan selama semalam, dan keesokan harinya baru dibilas dengan air.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kutu rambut dengan cara alami. Lakukan tips dan cara di atas sebelum kutu rambut di kepala Anda, anak, atau keluarga Anda menyebar ke banyak kepala. Karena kutu dapat menyebar dengan cepat dari bantal, handuk, dan topi. Semoga bermanfaat!