5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Alami

Dokter Rambut - Cara mengatasi rambut berminyak - Salah satu permasalahan rambut yang paling menjengkelkan adalah rambut berminyak. Banyak sekali wanita mengeluh tentang rambut berminyak mereka. Selain membuat tidak nyaman di kulit kepala juga membuat penampilan mereka jadi jelek.

Penyebab rambut berminyak bukan tidak lain adalah produksi minyak berlebih dari kelenjar kulit kepala. Nah, produksi minyak yang terlalu banyak ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti penggunaan shampo secara berlebih atau tidak sesuai dengan kulit kepala Anda, masalah perubahan hormon saat menstruasi misalnya, dan keturunan.
cara alami mengatasi dan menghilangkan minyak di rambut
Cara mengatasi rambut berminyak  (c) pixabay.com/alehidalgo
Ladies, cara mengatasi rambut berminyak ini sebenarnya dapat di atasi yaitu stop menggunakan shampo atau shampoo untuk rambut berminyak, karena Anda bisa mengatasinya dengan cara alami. Melansir thehealthsite.com, berikut cara mengatasi rambut berminyak.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak

1. Air Perasan Jeruk Lemon
Jeruk lemon adalah buah yang banyak mengandung vitamin, mineral penting untuk menjaga kesehatan rambut dan mengatasi rambut berminyak. Fungsinya yaitu dapat menghentikan produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala.

Caranya: Air perasan jeruk lemon di campur dengan segelas air, lalu aplikasikan ke kulit kepala dengan menyeluruh. Setelah beberapa menit baru dibilas dengan air hangat atau menggunakan shampo.

2. Air Teh
Kandungan sepat atau yang disebut asam tanat pada air teh ternyata dapat mengatasi rambut rambut berminyak. Fungsinya dapat mencegah produksi minyak berlebih di kulit kepala dengan cara memperkecil pori-pori kulit.

Caranya: Seduh teh dengan air hangat, lalu aplikasikan air teh tersebut di kulit kepala Anda. Setelah beberapa menit di diamkan, lalu bilas dengan air bersih atau dengan shampo.

3. Baking Soda
Bahan pembuat roti dan membuat roti mengembang ini ternyata bermanfaat mengatasi rambut berminyak secara alami. Baking soda berfungsi mengendalikan minyak berlebih di rambut Anda.

Caranya: Sediakan baking soda cair, lalu 3 sdm baking soda dicampur dengan satu liter air. Anda bisa menggunakan pada saat keramas, diamkan minimal 20 menit, dan bila dengan ari bersih atau shampo.

4. Cuka Sari Apel
Caranya: Sediakan seperempat cuka sari apel dan campur dengan satu liter air bersih. Lalu masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan ke rambut Anda. Setelah di diamkan beberapa menit  lalu bilas dengan air hangat.

5. Sampo Alami Buatan Sendiri
Penyebab rambut berminyak setelah keramas bisa juga disebabkan oleh shampo yang Anda gunakan. Berlebihan menggunakan shampo pada saat keramas bisa meninggalkan residu di rambut Anda. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan shampo alami buatan sendiri.

Cara membuat shampo alami sangat mudah untuk Anda coba di rumah, yaitu dengan mencampurkan 1 sdm ari perasan jeruk lemon dengan satu sdm gel lidah buaya (aloe vera). Supaya bisa digunakan beberapa kali, simpan shampo alami ini di kulkas dan bisa tahan kurang lebih 1 minggu.

Lihat juga: Vitamin rambut alami

Ladies, sebenarnya minyak adalah sekresi alami dari kulit kepala. Minyak ini juga memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan rambut. Tetapi ketika produksi minyak sudah berlebih, Anda bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami.

Semoga cara mengatasi rambut berminyak di atas bisa mengatasi masalah rambut berminyak Anda. Selain cara mengatasi rambut berminyak, baca juga artikel menarik lainnya, seperti cara merawat rambut kering, dan cara membuat rambut tebal secara alami. Semoga bermanfaat!