Apakah Mencabut Uban Berbahaya? Haram? Semakin Banyak?

Dokter Rambut - Stop mencabut uban sekarang - Uban adalah dimana rambut berubah warna mernjadi abu-abu atau putih. Tumbuhnya uban ditandai dengan semakin tuanya umur seseorang. Namun banyak juga kita jumpai anak-anak muda yang rambutnya beruban. Lantas, apa penyebab uban pada anak muda, anak kecil atau orang tua?

Bagi mereka yang sudah berumur tua, mungkin masalah timbulnya uban ini tidak begitu mereka pikirkan. Tapi bagi anak mudah atau remaja, muncul uban di usia muda akan menjadi malapetaka bagi mereka, karena akan mengganggu penampilan dan malu. Lalu muncul inisiatif untuk mencabut uban tersebut.

Mencabut rambut putih tersebut hanya solusi untuk sementara saja, dan malah akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan Anda.
efek mencabut uban, dampak cabut uban, hukum cabut uban dalam islam
Foto rambut uban (c) pixabay.com/stux
Menurut dermatolog dr. Farmanina Santoso, seperti dilansir dari vemale.com, rambut putih atau rambut uban tumbuhnya mirip seperti rambut biasa. Penyebab tumbuhnya uban bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya adalah gaya hidup yang buruk, seperti merokok, minum alkohol, keturunan, dan juga stres.

Rambut uban, lanjut Farmanina, biasanya tumbuh di bawah kulit yang memiliki banyak syarat. Jadi jangan sembarangan mencabut uban Anda, karena dapat mengganggu syarat di kulit kepala Anda.

Mencabut Uban

Bahaya mencabut uban di kepala yaitu sinyal saraf yang memproduksi pigmen rambut menjadi bermasalah. Lalu efek mencabut uban di kepala adalah Anda akan mengalami pusing dan kebotakan di area tersebut yang di akibatkan oleh folikel yang rusak,” jelas Farmanina. Jadi di bagian rambut uban yang Anda cabut tersebut tidak akan tumbuh lagi rambut baru.

Sebenarnya, Anda tak perlu kuatir akan rambut uban tersebut dan tidak di sarankan untuk mencabutnya, karena rambut uban juga akan mengalami proses perontokan. “Pertumbuhan rambut uban terbagi atas tiga fase, yakni fase pertumbuhan atau anage (waktu tumbuh 2-6 tahun), fase kotagen (waktu tumbuh 3-6 minggu), dan fase telogen yaitu fase saat rambut kembali tumbuh, memanjang dan rontok. Ketiga fase tersebut berulang secara terus menerus selama masa hidup seseorang,” terang Farmanina.

Jadi, cabut uban pikir dulu seribu kali, jangan asal mencabut. Untuk mencegah uban tumbuh, perhatikan gaya hidup Anda. Perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan segar. Jangan merokok atau minum minuman alkohol. Selain itu, untuk mencegah uban di usia muda yang harus Anda lakukan sangat sederhana, yaitu jangan sering stres, perbanyak liburan Anda dan sering-sering bercanda ria bersama kawan-kawan Anda.

Selain itu, bila uban yang muncul di rambut Anda karena faktor keturunan dan gen, memang agak sulit dan tidak ada cara untuk menghentikan tumbuhnya uban tersebut. Namun, yang bisa Anda lakukan sekarang adalah mencegah supaya tidak cepat tumbuhnya, yaitu dengan cara hidup sehat dan makan makanan sehat. Semoga bermanfaat!