Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Dan Cepat

Dokter Rambut - Cara mengatasi rambut rontok - Bagi wanita, selain menjaga kecantikan wajah dan kulit, rambut adalah hal yang pokok juga untuk dijaga supaya sehat dan indah. Masalah rambut rontok adalah masalah yang sangat serius yang mesti di perhatikan oleh wanita, tapi tak bisa dipungkiri juga, pria juga sangat memperhatikan rambutnya juga.

Perawatan rambut rontok memang susah-susah gampang untuk dilakukan bila Anda tidak tau caranya. Salah dalam memilih produk perawatan rambut rontok dapat juga membuat rambut rontok Anda semakin parah. Mulai sekarang, stop melakukan perawatan rambut ke salon yang membuat uang Anda habis tidak bermanfaat. Ditambah bahan kimia yang terdapat pada produk tersebut yang justru dapat membuat rambut rontok semakin parah.
cara mengatasi rambut rontok
Cara  mengatasi rambut rontok  (c) pixabay.com/bykst
Cara mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan dirumah dan irit. Seperti dilansir dari MyHealthNewsDai-ly, ini obat rambut rontok alami yang bisa Anda buat sendiri dirumah dan tentunya tidak terlalu menghabiskan banyak biaya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1. Hindari Panas Di Rambut
Cara mengatasi rambut rontok yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara menghindari paparan panas pada rambut. Contohnya paparan sinar matahari terlalu lama atau alat pengering dan pelurus rambut. Rambut yang terlalu lama terkena paparan panas akan membuat rambut Anda kehilangan protein alami, dan akan membuat rambut mudah rontok.

2. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Apakah Anda sering mengikat rambut terlalu kencang? Biasanya wanita mengikat rambutnya waktu melakukan aktivitas dirumah dan berolahraga. Mulai sekarang kurangi atau jangan terlalu kencang mengikat rambut Anda, karena dapat memicu kerontokan pada rambut.

3. Jangan Terlalu Sering Keramas
Cara mengatasi rambut rontok selain tidak mengikat rambut dengan kencang adalah jangan terlalu sering keramas. Karena bila Anda sering keramas, minyak alami yang dihasilkan oleh rambut akan hilang dan membuat rambut Anda gampang rapuh, rontok, dan masalah rambut kering.

4. Sisir Rambut
Sisir yang terlalu rapat malah dapat memperburuk kerontokan rambut Anda. Maka dari itu, pilihlah sisir yang bergigi jarang agar mudah waktu mensisir rambut dan membuat rambut tidak rontok.

5. Konsumsi Makanan Kaya Omega-3
Ternyata rambut rontok dapat di atasi dengan makanan sehat yang mengandung omega-3. Anda dapat memperolehnya dengan mengkonsumsi daging ikan, daging sapi, telur, walnut, dan minyak biji flax. Makanan sehat tersebut akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan membuat rambut tetap kuat dan sehat.

Selain makanan yang mengandung omega-3, konsumsi juga makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin lainnya yang bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran hijau dan perbanyak juga minum air putih.

6. Memakai Kondisioner
Memakai kondisioner setelah habis keramas akan membuat rambut Anda lebih mudah disisir dan tidak membuat rambut kering. Hal ini akan mencegah dari kerontokan rambut.

7. Merangsang Folikel Rambut
Saat sedang keramas atau mengoleskan pelembab dan kondisioner ke rambut, usahakan untuk memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala ternyata dapat membantu pertumbuhan rambut.

8. Melindungi Rambut Dari Ketombe
Ternyata ketombe di kulit kepala dapat membuat akar rambut jadi lemas dan rontok. Bila Anda memiliki ketombe di rambut, segera atasi ketombe tersebut. Anda bisa menggunakan shampo anti ketombe atau obat anti ketombe alami.

9. Hindari Infeksi Jamur
Cara mengatasi rambut rontok parah atau sedang lainnya adalah dengan menghindari infeksi dari jamur. Infeksi jamur seperti jamur tinea capitis ternyata dapat menyebabkan rambut rontok. Segera konsultasi ke dokter bila Anda menderita infeksi tersebut.

10. Kurangi Stres
Nah, yang terakhir cara mengatasi rambut rontok adalah hindari stres. Ternyata stres bisa menyebabkan rambut rontok. Maka hindari stres dengan cara sering-sering liburan atau berwisata, ajak bercandaan dengan kawan dan menonton film komedi.

Itulah cara mengatasi rambut rontok. Ingat, sebelum rambut Anda jadi botak, lakukan tips dan perawatan rambut di atas untuk mengatasi rambut rontok Anda agar tidak semakin parah. Baca juga penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok sehabis melahirkan bagi wanita. Semoga bermanfaat!