Cara Merawat Rambut Kering Dengan Cara Alami

Dokter Rambut - Cara merawat rambut kering -  Bagaimana tips agar rambut tidak kering? Rambut adalah suatu mahkota terindah yang diberikan tuhan kepada manusia. Bagian wanita, rambut adalah penunjang kecantikan mereka. Lalu bagaimana bila rambut Anda bermasalah, misalkan rambut Anda kering? Pasti akan membuat Anda kurang bersemangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
cara merawat rambut kering
Cara merawat rambut kering (c) pixabay.com/giuliamar
Untuk membuat rambut tetap indah, sehat dan lembut memang susah-susah gampang dilakukan dirumah bila selama ini Anda sering melakukan perawatan di salon. Bagi mereka yang mempunyai budget lebih, masalah rambut kering bisa diatas dengan pergi ke salon. Lalu bagaimana bila budget Anda tidak mencukupi untuk pergi ke salon? Tenang saja, kami akan memberikan tips supaya Anda bisa melakukan perawatan rambut kering dirumah sendiri.

Melansir dari mnn.com dan youqueen.com, berikut cara merawat rambut kering di rumah dengan cara alami.

Cara Merawat Rambut Kering

1. Menggunakan Minyak zaitun
Minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari buah zaitun. Minyak zaitun memang sudah sangat terkenal akan khasiatnya, seperti minyak goreng, bahan masakan, penyedap dan lainnya. Nah ladies, selain bermanfaat bagi masakan minyak zaitun ini juga bermanfaat bagi rambut lho.

Caranya Anda bisa menghangatkan minyak zaitun dan memijatnya ke kulit kepala dan lapisan rambut Anda. Pada saat mandi jangan lupa menggunakan pelindung kepala agar rambut tidak terkena air. Anda bisa membiarkan minyak zaitun meresap kurang lebih 45 menit dan bilas menyeluruh.

Baca juga: Manfaat minyak zaitun untuk rambut

2. Menggunakan Cuka
Cara merawat rambut kering lainnya adalah dengan menggunakan cuka. Cuka selama ini dikenal sebagai bahan masakan dan juga digunakan sebagai bahan membuat asinan ini ternyata bermanfaat juga bagi perawatan rambut, yaitu bisa mengatasi rambut kering. Rambut kering dan kasar bisa di atasi dengan cuka dengan cara cukup tambahkan satu sedok cuka ke dalam air bilasan terakhir saat mencuci rambut. Selain itu Anda bisa juga dengan menambahkan setengah cup cuka lalu tambahkan dua sendok air, usapkan ke rambut usai keramas. Diamkan beberapa saat lalu bilas.

3. Menggunakan Alpukat
Buah yang sangat enak bila dibuat jus dan banyak mengandung lemak nabati ini bisa juga Anda gunakan sebagai masker rambut. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan buah alpukat yang telah di haluskan pada rambut, diamkan 15-30 menit dan bilas menyeluruh. Dengan masker rambut kering dari buah alpukat ini, rambut Anda akan tampak indah dan wangi.

Selain dengan cara di atas, lakukan juga tips-tips dibawah ini supaya rambut Anda halus. Berikut cara merawat rambut kering dan rusak:
  • Bila ingin keramas, perhatikan shampo rambut kering yang Anda gunakan. Jangan sampai shampo tersebut mengandung bahan kimia keras dan cari shampo yang lembut.
  • Hindari terlalu sering keramas, karena bisa membuat rambut Anda semakin kering.
  • Saat sedang keramas atau menggunakan kondisioner pijatlah kulit kepala Anda dengan ujung jari. Menggunakan kuku justru akan membuat helaian rambut Anda jadi patah.
  • Hati-hati saat menyisir rambut sehabis keramas, karena bisa mematahkan rambut dan membuat rambut mudah copot dari akarnya.
  • Dan jaga rambut Anda dari paparan sinar matahari yang dapat merusak sel rambut Anda.
Nah ladies, itulah beberapa cara merawat rambut kering yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Agar rambut Anda sehat dan lembut, mulai sekarang stop menggunakan produk-produk perawatan rambut di pasaran yang banyak mengandung bahan-bahan kimia kasar. Untuk vitamin rambut kering bisa Anda temukan dari buah-buahan di atas.

Selain cara merawat rambut kering di atas, rambut kering umumnya terlihat tipis. Bila ingin menjadikan rambut tipis Anda tampak tebal alami, baca juga artikel dari Dokter Rambut lainnya yaitu cara menebalkan rambut dengan cara alami, dan manfaat minyak kemiri untuk rambut. Semoga bermanfaat!