10 Penyebab Ketombe Tidak Hilang Pada Rambut

Dokter Rambut - Penyebab ketombe dan cara mengatasinya - Munculnya ketombe di kulit kepala pasti sangat menjengkelkan, apalagi ketombe yang parah akan membuat kulit kepala gatal, hal ini pasti membuat Anda menggaruk-garuk kulit kepala. Sering menggaruk kulit kepala akan membuat ketombe berjatuhan di bahu yang akan membuat Anda kurang percaya diri dan malu sama orang-orang.

Ketombe parah pada rambut ternyata bisa memicu permasalahan rambut lainnya, seperti rambut rontok, dan rambut jadi kering. Penyebab ketombe pada kulit kepala terjadi karena pengelupasan kulit mati yang terlalu banyak. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Seperti di lansir dari Allwomenstalk.com, ini penyebab ketombe pada rambut yang tak terduga.
penyebab ketombe
Penyebab ketombe (istimewa)

Penyebab Ketombe

1. Mengikat Rambut
Hal pertama penyebab ketombe berlebihan pada kulit kepala Anda adalah mengikat rambut sehabis keramas atau rambut masih basah. Rambut yang masih lembab dan berkeringan bisa memicu ketombe. Jadi bila ingin mengikat rambut, tunggu dulu sampai rambut Anda kering. Mengikat rambut sehabis keramas selain membuat rambut Anda berketombe, ternyata dapat memicu permasalahan rambut lainnya, seperti rambut rontok.

2. Kondisi Kulit
Tidak semua orang memiliki jenis kulit kepala yang sama, jadi permasalahan yang muncul pada kulit kepala berbeda pula. Bila Anda banyak mengalami masalah pada kulit kepala, seperti kulit kepala berketombe, segera periksa ke dokter kulit, siapa tau dokter kulit Anda bisa menyingkirkan bakteri penyebab ketombe.

3. Kepanasan
Sering terkena sinar matahari langsung, penggunaan alat pengering rambut, memakai helm, topi, dan kerudung akan membuat sel kulit cepat mati, dan akan terkelupas, yang akhirnya menjadi ketombe. Jadi bila ingin menghilangkan ketombe, hindari kebiasaan di atas. Bila Anda menggunakan kerudung, gunakan bahan yang lebih nyaman supaya ketombe tidak mudah datang.

4. Sisa Shampo
Selain ke tiga hal di atas, penyebab ketombe dan rambut rontok adalah shampo yang Anda gunakan untuk keramas. Sebaiknya bilas rambut Anda yang bersih, jangan sampai sisa shampo masih menempel di kulit kepala Anda.

5. Makanan
Selain itu, makanan yang sering Anda konsumsi ternyata bisa jadi faktor penyebab ketombe. Pastikan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, kaya zat besi, dan banyak mengandung vitamin B.

Baca juga makanan dan vitamin untuk rambut yang dapat mengatasi semua permasalahan rambut Anda.

6. Stres
Penyebab ketombe tidak biasa lainnya adalah stres. Stres dan depresi yang terlalu lama bisa menyebabkan banyak masalah pada rambut Anda, seperti rambut uban, rambut rontok, dan rambut ketombe. Jadi sebisa mungkin hindari stres, dan perbanyak melakukan hal-hal yang menghibur diri sendiri.

7. Waktu Keramas
Jangan terlalu sering keramas dengan menggunakan shampo anti ketombe, bahan kimia yang terdapat pada produk perawatan rambut ternyata merupakan pemicu ketombe, jadi akan membuat Anda ketergantungan akan produk tersebut dan harus keramas tiap hari. Sebaiknya keramas seminggu 2 kali dengan shampo, atau Anda bisa mencoba shampo tradisional buatan sendiri. Baca artikel sebelumnya cara mengatasi ketombe dengan cara alami.

8. Cuaca
Cuaca yang panas merupakan hal penyebab ketombe. Jadi bila matahari begitu terik, hindari rambut Anda dari paparan sinar matahari langsung, bila perlu berteduh atau menggunakan topi.

9. Produk Perawatan Rambut
Produk perawatan rambut seperti shampo, kondisionel, tonik. dan lainnya bisa memicu ketombe. Sebaiknya perhatikan bahan dan efeknya pada kulit kepala Anda. Jangan-jangan produk yang Anda gunakan tersebut justru memperparah ketombe Anda.

10. Sisir Rambut
Perhatikan kebersihan sisir rambut, dan jangan menggunakan sisir rambut yang habis digunakan orang lain, siapa tau orang tersebut justru mengalami masalah ketombe dan menempel pada sisi. Sebaiknya bersihkan dulu sisir tersebut, baru bisa Anda gunakan.

Nah, itulah beberapa hal dan faktor yang tak terduga adalah penyebab ketombe. Hindari ke sepuluh penyebab ketombe di atas supaya ketombe di kulit kepala Anda cepat hilang. Semoga bermanfaat!