Tips Cara Mengatasi Dan Merawat Rambut Kering Mengembang Secara Alami

Dokter Rambut - Cara mengatasi rambut kering dan mengembang - Masalah rambut kering dan mengembang memang sering dialami banyak wanita, terutama bagi mereka yang memiliki rambut panjang. Memiliki rambut kering dan mengembang akan membuat Anda kesulitan dalam menyisir dan menata rambut. Bayangkan Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, sedangkan Anda harus buru-buru melakukan rutinitas sehari-hari, dan hal ini sangat menyebalkan.
cara merawat rambut kering dan mengembang secara alami
Ilustrasi (c) Pixabay.com/PublicDomainPictures
Bila Anda sudah bosan dengan penampilan rambut yang berantakan dan kering, yang membuat Anda malu karena sering di ejek teman. Tenang saja, Anda tak usah kuatir karena kami akan membagi tips cara merawat rambut kering dan mengembang. Perawatan rambut kering dan mengembang ini sangat mudah untuk Anda lakukan sendiri dirumah. Langsung saja, seperti dilansir dari merdeka.com, berikut cara mengatasi rambut kering dan mengembang dengan cara alami.

Cara Merawat Rambut Kering Dan Mengembang Yang Pertama

1. Keramas
Langkah pertama mengatasi rambut kering mengembang adalah keramas, coba lakukan keramas. Setelah selesai keramas, segera oleskan kondisioner pada rambut Anda supaya membuat rambut Anda lebih mudah di luruskan. Dengan mengoles kondisionel, akan membuat rambut Anda lebih mudah ditata, karena kondisionel membuat rambut Anda lurus.

2. Gunakan Tangan
Setelah selesai keramas dan mengoles kondisionel, cara merawat rambut kering yang kedua yaitu sebelum menyisir rambut, coba urai rambut Anda dulu dengan tangan. Dengan mengurai rambut dengan tangan, rambut Anda tidak akan mudah rontok

3. Gunakan Sisir Bergigi Lebar
Setelah mengurai rambut sehabis keramas dengan tangan, sekarang coba menggunakan sisir. Pilih sisir yang bergigi jarang atau lebih. Walaupun cara ini lama, Anda harus bersabar untuk mendapatkan rambut lurus dan tidak kering.

4. Gunakan Serum
Bila cara merawat rambut kering dan mengambang dengan mengurai dan menggunakan sisir lebar masih sulit untuk Anda lakukan, maka oleskan serum atau hair conditioner pada rambut. Nah, lalu silahkan sisir dengan lembut rambut Anda. Ingat, jika Anda menggunakan kondisioner rambut, cuci kembali bagian rambut yang tadi diolesi dengan kondisioner agar tidak lengket dan berminyak.

5. Sikat Yang Lembut
Bila keempat hal diatas sudah di lakukan. Selanjutnya perawatan rambut kering dan mengembang, sikat yang lembut untuk menatanya. Ingat, lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu kasar karena rambut kering dan mengembang rawan akan kerusakan.

6. Lidah Buaya
Selanjutnya, bila kelima cara di atas sudah Anda lakukan dan tidak membawa perubahan apa-apa di rambut Anda, coba gunakan lidah buaya. Oleskan minyak lidah buaya pada rambut Anda selama 30 menit. Lalu cuci rambut Anda dan gunakan kondisionel. Kemudian sikat dengan menggunakan sisir bergigi lebar. Minyak lidah buaya ternyata tidak hanya dapat membuat rambut Anda lembut, tetapi membuat rambut Anda mudah disisir dan dikelola.

Mengatasi Rambut Kering Mengembang Yang Kedua

Bila cara mengatasi rambut kering dan mengambang di atas belum bisa membuat rambut Anda lurus, lembut, dan susah diatur, atau tips rambut kering mengembang di atas sulit untuk Anda praktekkan. Anda jangan kuatir karena kami masih Anda cara alami lainnya, yaitu mengatasi rambut kering dan mengembang secara alami. Berikut cara-cara yang harus Anda coba untuk solusi rambut kering mengembang.

Cara 1
Mengatasi rambu kering kasar mengembang cara pertama yang bisa Anda coba adalah minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa dari pangkal hingga ke ujung rambut dan pada kulit kepala. Selanjutnya bungkus rambut dengan shower cap atau bisa juga dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat. Setelah di diamkan selama 15 menit baru bilas dengan air bersih.

Minyak kelapa memang sejak dari dahulu dipercaya berkhasiat mengatasi semua masalah rambut, karena minyak kelapa mengandung semua protein yang diperlukan rambut.

Cara 2
Cara kedua bersihkan rambut dan kulit kepala dengan shampo untuk rambut kering dan kusam. Saat membilas, pijat kulit kepala untuk memperlancar aliran darah di kulit kepala.

Cara 3
Pilih kondisionel yang sesuai dengan rambut Anda yang mengandung pelembab seperti shea butter, minyak kelapa, dan minyak alpukat. Selanjutnya untuk solusi rambut kering mengembang, oleskan kondisionel tersebut pada ujung dan batang rambut. Setelah dibiarkan beberapa saat, baru bilas dengan air sampai bersih.

Cara 4
Cara yang terakhir atasi rambut kering mengembang adalah dengan menggunakan vitamin rambut.


Itulah beberapa cara mengatasi rambut kering mengembang dan cara merawat rambut kering mengembang secara alami. Lakukan cara perawatan rambut kering mengembang di atas secara rutin dan teratur supaya kelembabab rambut Anda tetap terjaga, dan memudahkan Anda untuk menyisirnya. Semoga rambut Anda tampak lebih bersinar dan lembut. Semoga bermanfaat!