11 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Dengan Alami

Dokter Rambut - Cara memanjangkan rambut dengan cepat - Cara membuat rambut cepat tumbuh panjang memang tidak gampang. Rambut panjang butuh proses untuk tumbuh. Hal ini membuat sebagian wanita tidak sabar menunggunya, apalagi bila melihat rambut bintang iklan shampo di tv. Masalah rambut tumbuh lambat sebenarnya hanya karena masalah metabolisme tubuh dan beberapa teknik kesalahan yang dilakukan dalam perawatan rambut.
cara cepat memanjangkan rambut
Cara memanjangkan rambut (c) Pixabay.com/JESHOOTS
Selain itu, makanan dan lingkungan bisa saja penyebab rambut Anda lambat untuk tumbuh. Lalu bagaimana cara memanjangkan rambut? Seperti dilansir dari boldsky.com dan magforwomen.com, ini cara memanjangkan rambut secara alami .

Cara Memanjangkan Rambut

1. Rajin Menyisir Rambut
Cara memanjangkan rambut yang pertama yang harus Anda lakukan adalah rajin menyisir rambut. Sehari Anda bisa menyisir rambut setidaknya 50 kali. Dengan rajin dan rutin menyisir rambut, kulit kepala akan terangsang untuk menumbuhkan folikel rambut yang baru. Tapi pilihlah sisir yang tidak rapat karena dapat membuat rambut rontok.

2. Minyak Rambut
Meminyaki rambut adalah cara rambut cepat panjang. Caranya seminggu minimal 2 kali meminyaki rambut. Lakukan sebelum tidur dan bilas keesokan harinya. Fungsi meminyaki rambut adalah dapat memberi nutrisi pada rambut. Anda bisa mengoles minyak-minyak rambut alami, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, minyak kemiri, minyak jojoba, minyak lavender, dan lainnya.

3. Mengikat Rambut Saat Tidur
Selain cara memanjangkan rambut dengan cepat secara alami lainnya adalah mengikat rambut saat tidur. Mengikat rambut saat tidur dapat mencegah kerusakan rambut karena terkena gesekan bantal.

4. Konsumsi Vitamin E
Memperbanyak mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin E ternyata cara memanjangkan rambut dengan cepat. Sumber vitamin E untuk rambut bisa Anda dapatkan di kacang almond, bayam, kacang tanah, kacang pinus, sawi, brokoli, paprika, dan biji bunga matahari.

5. Hindari Air Hangat
Bahaya mencuci rambut dengan air panas! Hindari keramas dengan ari panas atau hangat karena dapat merusak pori-pori kulit kepala, dan dapat membuat rambut rontok. Sebaliknya gunakan air biasa saja atau air dingin untuk mencuci atau keramas.

6. Teratur Cuci Rambut
Cara memanjangkan rambut lainnya adalah rajin mencuci rambut. Rambut yang selalu bersih bebas dari rambut berminyak akan membuat rambut Anda tumbuh tanpa hambatan. Minimal 3 kali dalam seminggu Anda wajib mencuci rambut, bisa juga keramas dengan shampo.

7. Makanan Sehat
Makanan yang Anda konsumsi merupakan kunci cara cepat memanjangkan rambut. Bila Anda malas dan jarang mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan rambut, rambut Anda tidak akan cepat tumbuh, dan malah akan muncul berbagai masalah rambut lainnya.

8. Pakai Kondisioner 
Cara memanjangkan rambut secara alami lainnya yaitu kondisionel. Banyak yang tidak tau manfaat kondisionel bagi rambut, padahal dapat membantu rambut cepat tumbuh panjang dengan kelembapan yang diberikannya.

9. Hindari Panas
Baik karena panas terlalu lama berada di bawah matahari maupun panas dari peralatan rambut, seperti curling, pelurus rambut, dan hair dryer. Ingat, alat tersebut dapat membuat rambut Anda kusam dan mudah rapuh. Dengan menghindari panas pada rambut, rambut Anda akan mengalami pertumbuhan yang cepat.

10. Pijat Kepala Anda
Memijat rambut merupakan resep rambut cepat panjang. Lakukan pemijatan rambut rutin di kulit kepala karena dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan akar rambut Anda. Obat rambut panjang yang bisa Anda gunakan untuk memijat adalah dengan menggunakan minyak alami, yaitu minyak minyak kelapa, minyak kemiri, dan minyak zaitun. Hasilnya minyak tersebut diresap kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut.

11. Jangan Sering Cat Rambut
Bahan kimia yang terdapat pada produk pewarna rambut ternyata dapat menghambat rambut untuk tumbuh sempurna. Bila Anda ingin mewarnai rambut, kenapa tidak menggunakan pewarna alami, seperti mewarnai rambut dengan buah bit.

Itulah beberapa tips dan cara memanjangkan rambut secara alami. Supaya rambut cepat panjang dalam 1 minggu, lakukan kesemua tips di atas dan hindari yang dilarang untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!