7 Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

Dokter Rambut - Cara merawat rambut rontok - Permasalahan rambut yang paling ditakuti selain rambut berketombe, rambut bercabang dan rambut berminyak adalah rambut rontok. Rambut rontok memang bisa melanda siapa saja, baik tua maupun muda dan baik wanita atau pria. Bila rambut Anda tipe rambut yang gampang rontok, Anda harus melakukan perawatan ekstra pada rambut Anda.

Penyebab rambut gampang rontok tidak hanya karena faktor ketombe saja, faktor lainnya seperti rambut kekurangan nutrisi, keturunan, dan rambut sering terkena polusi dan debu. Untuk menjaga rambut Anda agar tidak rontok lagi, jangan sembarangan menggunakan produk perawatan rambut. Salah memilih produk perawatan rambut akan membuat rambut Anda gampang rusak.
cara merawat rambut rontok
Cara merawat rambut rontok  (c) Pixabay.com/RondellMelling
Untuk menjaga rambut Anda tetap sehat dan tidak gampang rontok, Anda patut mencoba tips cara merawat rambut rontok secara alami. Berikut cara merawat rambut rontok dengan bahan alami.

Cara Merawat Rambut Rontok

1. Lakukan Pola Hidup Sehat
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk cara merawat rambut rontok dan kering adalah Anda harus terbiasa mengikuti gaya hidup sehat. Anda bisa makan buah-buahan dan sayuran, usahakan memilih yang banyak mengandung vitamin B, zat besi, kalsium dan seng, karena kandungan tersebut sangat diperlukan rambut Anda. Selain itu, perbanyak minum air putih.

2. Merawat Rambut
Selanjutnya cara merawat rambut rontok dan patah, hindari rambut Anda dari kotor, karena rambut yang kotor bisa menyebabkan ketombe dan akhirnya menyebabkan rambut Anda rontok. Anda bisa mencuci rambut dengan produk shampo ringan.

3. Jauhi Hal Yang Bisa Merusak Rambut Anda
Anda harus menghindari hal-hal yang bisa merusak rambut Anda, seperti mengikat rambut terlalu ketat, menggunakan alat dan produk salon, dan lainnya. Hal tersebut bila sering Anda lakukan akan membuat rambut Anda gampang rusak, foliker rambut juga ikut terganggu. Sehabis mencuci rambut, biarkan rambut Anda kering dengan sendirinya tanpa menggunakan alat pengering rambut.

4. Merawat Rambut Dirumah
Cara merawat rambut rontok dan berminyak, bisa juga Anda lakukan sendiri dirumah. Mulai sekarang stop melakukan perawatan rambut di salon. Untuk memulai perawatan rambut dirumah, Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa, santan, jeruk nipis, madu, susu, dan lainnya. Kesemua bahan alami tersebut dapat mengatasi semua masalah rambut Anda, termasuk rambut rontok.

5. Berhenti Mencoba Banyak Gaya Rambut
Beberapa gaya rambut seperti rambut dikepang, kuncir kuda, rambut di keriting, atau menggunakan hair extension sebaiknya jangan dilakukan terus-menerus. Gaya rambut seperti itu membuat rambut Anda tertarik dari akarnya yang bisa menyebabkan tekanan pada akar rambut dan masalah rambut rontok akan terus menghantui Anda.

6. Gesekan
Selain beberapa tips cara merawat rambut rontok dan berminyak diatas, berbagai macam gesekan waktu Anda tidur juga bisa memicu rambut rontok. Oleh karena itu, mengikat rambut waktu tidur perlu Anda lakukan supaya rambut tidak terjepit sama bantai atau selimut Anda.

7. Konsumsi Sumber Vitamin Rambut
Cara merawat rambut rontok dan berketombe secara alami, perawatan dari luar saja tidak lah cukup, makanan yang Anda konsumsi ikut mempengaruhi kondisi rambut Anda. Oleh karena itu, perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan rambut.


Itulah beberapa tips cara merawat rambutf rontok. Lakukan tips cara merawat rambut rontok di atas supaya masalah rambut rontok Anda dapat teratasi. Jika ada kesalahan perawatan rambut yang masih Anda lakukan, maka sebaiknya tinggalkan sekarang juga. Baca juga cara merawat rambut rontok dengan lidah buaya. Semoga bermanfaat.