7 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Dokter Rambut - Cara menghitamkan rambu secara alami - Cara menghitamkan rambut secara alami memang sekarang ini sudah banyak orang yang mencoba. Memang cara alami tidak memberikan efek samping apapun bagi rambut Anda, tapi Anda harus sabar menunggu hasilnya yang lumayan lama, dan hasil yang didapat akan alami dan bertahan lama. Hal ini beda dengan menggunakan bahan dan produk pewarna rambut yang di pasaran, waktu itu diwarnai langsung nampak hasilnya. Tapi taukah Anda bahaya mengwarnai rambut dengan produk pewarna rambut? Sering menggunakan produk pewarna rambut sangat berbahaya bagi kesehatan rambut dan tubuh Anda, kandungan bahan kimia yang terdapat pada produk tersebut akan menyebabkan kulit kepala luka, alergi, gatal-gatal, gangguan pada hormon, kanker, dan lainnya bila digunakan terus menerus.

Dengan banyaknya masalah kesehatan yang ditimbulkan dari pewarna rambut, apakah Anda akan tetap menggunakan produk pewarna rambut? Bila tidak, Anda beruntung sekali menemukan artikel ini, yaitu cara menghitamkan rambut secara alami. Dengan menggunakan bahan alami menghitamkan rambut, Anda tidak perlu kuatir akan efek sampingnya, malah akan membuat rambut Anda sehat dengan kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada pewarna rambut alami ini, bahkan bisa mengatasi berbagai permasalahan rambut Anda.
cara menghitamkan rambut secara alami
Cara menghitamkan rambut secara alami (c) Morguefile.com
Seperti dikutip dari berbagai artikel perawatan rambut, ini cara menghitamkan rambut secara alami, yang akan membuat rambut Anda hitam berkilau, silahkan disimak.

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

1. Minyak Cem Ceman
Pernah dengar minyak cem-ceman? Memang masih terdengar aneh namanya, tapi manfaat minyak ini untuk rambut selain menghitamkan rambut secara alami, tetapi juga dapat mengatasi berbagai permasalahan rambut Anda. Minyak cem-ceman adalah jenis minyak yang merupakan campuran dari berbagai jenis minyak, seperti rebusan minyak kelapa, bunga kanthil, kenangan, melati, dan akar-akar pohon. Nah, kesemua campuran bahan tersebut diperas, sehingga menghasilkan minyak yang bisa Anda gunakan untuk mengwarnai rambut Anda.

Cara menggunakan minyak cem-ceman untuk mewarnai rambut, oleskan minyak tersebut pada rambut setelah mandi. Anda bisa menggunakan seminggu 2-3 kali saja. Untuk melihat hasilnya Anda harus bersabar menunggunya.

2. Sayur Kangkung
Jangan heran, ternyata daun yang enak untuk di konsumsi ini ternyata bisa Anda gunakan untuk cara menghitamkan rambut secara alami. Nah, cara menggunakan kangkung untuk cara menghitamkan rambut secara alami yaitu, siapkan segenggam kangkung yang telah dicuci bersih, kemudian rebus menjadi lembek. Lalu tiris airnya, dan simpan air sisa rebusan tersebut. Air sisa rebusan tersebut baru bisa Anda gunakan untuk keramas setelah dingin. Anda bisa mencobanya minimal 2 kali dalam sebulan. Hasilnya rambut hitam alami Anda akan seperti sediakala.

Kangkung selain  dapat menghitamkan rambut, ternyata menyimpan manfaat lainnya bagi rambut, yaitu dapat mengatasi masalah rambut rontok juga lho. Selamat mencoba, jangan lupa kangkung yang telah direbus tersebut bisa Anda makan juga.

3. Bubuk Buah Amla
Cara menghitamkan rambut secara alami lainnya adalah dengan menggunakan bubuk buah amla. Apakah Anda tau buah amla? Memang buah ini agak terdengar asing bagi kebanyakan orang, tapi buah ini sangat bermanfaat bagi perawatan rambut dan dapat mewarnai rambut Anda secara alami. Cara menghitamkan rambut secara alami dengan buah amla, yaitu: Siapkan bubuk buah amla, bila Anda kesulitan untuk mendapatkannya, Anda bisa coba pergi ke pasar dan toko-toko penjual obat tradisional.

Bila Anda sudah mendapatkannya, sekarang campurkan satu sendok makan bubuk buah amla dengan setengah liter air, dan kocok dalam botol. Setelah tercampur, tambahkan perasan air lemon. Selanjutnya Anda bisa menggunakannya untuk keramas, caranya dengan menyemprotkan ramuan ini pada rambut sehabis dicuci dengan shampo. Setelah dibiarkan selama 15 menit, baru bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini setelah habis keramas, dan Anda akan mendapatkan rambut hitam alami tanpa perlu ke salon.

4. Biji Pepaya
Manfaat biji pepaya untuk menghitamkan rambut. Caranya, buah pepaya yang biasa Anda makan dan buat jus di ambil bijinya dan jangan dibuang. Kandungan yang kaya akan antioxidant seperti karoten, vitamin C, vitamin B, folate, pantothenic acid, potasium, magnesium, dan serat tidak hanya menghitamkan rambut tetapi manfaat biji pepaya untuk rambut beruban dapat menghilang uban dengan cara alami.

Cara alami menghitamkan uban dan rambut Anda dengan menggunakan biji pepaya yaitu: Pencet biji pepaya sehingga air yang didalamnya keluar. Kemudian air dan biji pepaya tersebut dicampur dan oleskan pada rambut Anda sambil dipijat ringan, setelah beberapa menit baru bilas dengan shampo sampai bersih. Lakukan cara menghitamkan rambut secara alami dengan biji pepaya ini dua hari sekali supaya rambut hitam alami Anda kembali.

5. Bunga Sepatu
Cara menghitamkan rambut secara alami tidak hanya dengan menggunakan buah kemiri saja, tetapi bunga sepatu juga berkhasiat menghitamkan rambut dan menutupi uban Anda. Untuk mendapatkan manfaat kembang sepatu untuk rambut hitam yaitu: Ambil beberapa helai bunga sepatu, lalu rendam kelopak bunganya ke dalam air. Selanjutnya remas-remas untuk mengeluarkan lendir, baru lendirnya bisa Anda gunakan untuk krim penghitam rambut.

Selain bunganya, daun bunga sepatu juga bisa Anda gunakan untuk menghitamkan rambut. Caranya siapkan 10 helai daun bunga kembang sepatu, remas daunnya sehingga mengeluarkan lendir, kemudian lendir tersebut Anda balutkan ke rambut Anda. Setelah didiamkan sesaat, baru cuci bersih. Nah, rambut Anda akan terlihat hitam alami.

6. Daun Pandan
Daun pandan merupakan cara menghitamkan rambut secara alami. Membuat ramuan penghitam rambut dengan daun pandan memang terbilang gampang-gampang susah. Tapi sekali membuat ramuan ini, bisa Anda gunakan pada rambut beberapa kali. Anda hanya memerlukan waktu dua hari dua malam untuk membuat ramuan ini.

Cara yang pertama ambil 7 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Potongan tersebut direbus dengan satu liter air sehingga berubah warna menjadi hijau. Embunkan air rebusan daun pandan wangi tersebut selama semalam. Pagi hari nya campurkan air rebusan daun pandan wangi dengan perasan 3 buah mengkudu masak. Gunakan air campuran tadi untuk mencuci rambut layaknya shampo. Lakukan pencucian rambut dengan air daun pandan dan mengkudu tadi selama 3 kali dalam seminggu hingga terlihat hasilnya.

7. Alpukat
Alpukat adalah buah yang sering digunakan untuk membuat jus dan sangat nikmat ini ternyata punya khasiat bagi rambut, yaitu dapat membuat rambut hitam alami. Cara menghitamkan rambut secara alami dengan buah  alpukat, caranya ambil daging buah alpukat yang telah matang untuk dihaluskan. Campurkan dengan sebutir kuning telur dan minyak zaitun secukupnya, dan aduk rata sehingga menjadi adonan masker.

Selanjutnya oleskan pada rambut Anda sebagai masker rambut sampai ke akar rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas sampai bersih dengan air dan shampo. Anda bisa mencoba cara ini minimal seminggu sekali untuk mendapatkan rambut hitam alami dan rambut sehat.

Itulah beberapa cara menghitamkan rambut secara alami dan ramuan tradisional untuk menghitamkan rambut. Semoga pewarna rambut hitam alami ini bisa menjadikan rambut kusam dan rambut uban Anda hitam alami kembali. Baca juga cara mewarnai rambut secara alami dengan buah bit. Semoga bermanfaat!